Tautan-tautan Akses

Obama Janji Selesaikan Persetujuan Dagang Trans Pasifik


Presiden AS Barack Obama hari Kamis (5/9) bertemu dengan PM Jepang Shinzo Abe di sela-sela KTT G20 di St. Petersburg, Rusia.
Presiden AS Barack Obama hari Kamis (5/9) bertemu dengan PM Jepang Shinzo Abe di sela-sela KTT G20 di St. Petersburg, Rusia.

Presiden Barack Obama berjanji merampungkan persetujuan perdagangan Trans Pasifik tahun ini, meskipun masih ada rintangan yang menghambat perjanjian 12 negara itu.

Presiden AS Barack Obama hari Kamis (5/9) bertemu dengan PM Jepang Shinzo Abe di sela-sela KTT G20 di St. Petersburg, Rusia. Meskipun perhatian dunia selama berlangsungnya KTT G20 akan terpusat pada upaya Amerika Serikat menggalang dukungan bagi serangan militer terhadap Suriah, para pemimpin membahas masalah-masalah ekonomi.

Obama mengatakan dalam pertemuan dengan Abe, Kemitraan Trans Pasifik akan membuka pasar di kawasan yang berkembang sangat cepat. Tidak ada kepastian apakah perjanjian perdagangan itu akan diselesaikan akhir tahun ini.

Kemitraan Trans Pasifik akan menjadi perjanjian perdagangan terbesar dalam sejarah Amerika Serikat, namun perundingan sembilan hari di Brunei pekan lalu berakhir tanpa hasil.

Perundingan baru dijadwalkan di Washington pertengahan bulan ini, dengan menghadapi perintang besar terkait upaya Amerika Serikat melindungi industri farmasi dan keprihatinan Jepang mengenai cukai untuk produk pertanian.

Recommended

XS
SM
MD
LG