Tautan-tautan Akses

AS Kirim Pasukan Khusus ke Irak untuk Lawan ISIS


Menteri Pertahanan AS, Ash Carter memberikan keterangan di depan komite Angkatan Bersenjata Kongres AS, Selasa (1/12).
Menteri Pertahanan AS, Ash Carter memberikan keterangan di depan komite Angkatan Bersenjata Kongres AS, Selasa (1/12).

Menhan AS Ash Carter Selasa (1/12) mengatakan, Amerika mengirim sebuah "pasukan khusus" ke Irak untuk lebih menekan militan ISIS.

Menteri Pertahanan AS, Ash Carter mengatakan, Amerika mengirim sebuah "pasukan khusus" ke Irak untuk lebih menekan militan ISIS dan siap melakukan serangan di perbatasan Suriah.

Carter menyatakan di depan Komisi Angkatan Bersenjata di DPR Selasa, pasukan itu akan membantu pasukan Irak dan Peshmerga Kurdi dalam melawan ISIS. Dia tidak menyebutkan jumlah tentara, tetapi mengatakan pengiriman tersebut dilakukan bekerjasama dengan pemerintah Irak.

"Pasukan khusus ini pada akhirnya dapat melakukan razia, membebaskan sandera, mengumpulkan data intelijen, dan menangkap para pemimpin ISIS," katanya. "Pasukan ini juga akan siap melakukan operasi sepihak ke Suriah".

Pasukan itu merupakan tambahan dari sejumlah kecil pasukan AS yang sudah sebelumnya dikirim ke Suriah untuk membantu kelompok-kelompok oposisi bertempur melawan ISIS.

Presiden Barack Obama pada bulan Oktober mengesahkan pengiriman paling banyak 50 tentara operasi khusus AS untuk mengkoordinasi gerakan-gerakan pejuang lokal Suriah dengan ofensif oleh koalisi pimpinan AS. [ps]

XS
SM
MD
LG