Tautan-tautan Akses

Jembatan Ambruk, Biden: Pemerintah Federal akan Bangun Lagi


Jembatan Francis Scott Key di Baltimore yang ambruk pasca diterjang oleh kapal kargo, Selasa (26/3).
Jembatan Francis Scott Key di Baltimore yang ambruk pasca diterjang oleh kapal kargo, Selasa (26/3).

Presiden AS Joe Biden menjanjikan bantuan pemerintah federal untuk membangun kembali jembatan Francis Scott Key yang ambruk.

“Rencana saya adalah pemerintah federal akan membayar seluruh biaya pembangunan kembali jembatan tersebut. Saya berharap Kongres akan mendukung upaya saya.”

Jembatan di Baltimore itu, kota pelabuhan di negara bagian Maryland, ambruk setelah ditabrak kapal kontainer yang terus melaju setelah mesinnya mati mendadak, Selasa (26/3) dini hari. Jembatan itu tertarik jatuh, bersama pekerja konstruksi dan beberapa kendaraan di atasnya, ke sungai berair dingin di bawahnya. Tim penyelamat berhasil menyelamatkan dua orang, namun enam lainnya hilang.

Awak kapal sempat mengeluarkan seruan mayday (panggilan darurat) beberapa saat sebelum kecelakaan itu meruntuhkan Jembatan Francis Scott Key, sehingga pihak berwenang bisa menghentikan lalu lintas kendaraan di jembatan tersebut, kata gubernur Maryland.

Menurut Biden, itu adalah kecelakaan yang mengerikan. Sejauh ini tidak ada indikasi lain yang menunjukkan penyebab lainnya. “Tidak ada alasan untuk meyakini bahwa ini adalah tindakan yang disengaja,” ujarnya.

Kapal itu menabrak salah satu penyangga jembatan, menyebabkan strukturnya runtuh seperti mainan. Jembatan itu jatuh ke air dalam hitungan detik, mengejutkan banyak orang yang kemudian merekam kejadian itu dan mengunggahnya di media sosial. Kapal itu terbakar, dan asap hitam tebal membubung.

Selasa pagi, Biden rapat dengan anggota senior timnya untuk membahas kecelakaan itu. Biden mengarahkan timnya untuk memastikan semua sumber daya federal tersedia guna membantu upaya pencarian dan penyelamatan yang sedang berlangsung, serta untuk menanggapi insiden tersebut. [ka/rd]

Forum

XS
SM
MD
LG