Tautan-tautan Akses

Kawanan Bersenjata Culik Seorang Hakim Senior di Wilayah Barat Laut Pakistan


Distrik Khyber di perbatasan Afghanistan dan Pakistan, 15 September 2023. (Foto: Qazi Rauf/AP Photo)
Distrik Khyber di perbatasan Afghanistan dan Pakistan, 15 September 2023. (Foto: Qazi Rauf/AP Photo)

Sejumlah pria bersenjata menyergap dan menculik seorang hakim senior di wilayah barat laut Pakistan yang bergolak, kata seorang anggota polisi pada Minggu (28/4).

Pejabat polisi Faheem Khan mengatakan sekitar 15 pria bersepeda motor mencegat kendaraan Hakim Shakirullah Marwat sewaktu dia sedang dalam perjalanan menuju distrik Dera Ismail Khan di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Para penyerang membakar mobil korban sebelum melarikan diri dengan membawa korban. Khan mengatakan sopir korban tidak terluka.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan pada Sabtu (27/4) malam itu. Namun kecurigaan kemungkinan besar tertuju pada Taliban Pakistan, atau TTP, yang menjadikan provinsi tersebut sebagai benteng mereka.

Merupakan hal yang tidak lazim bagi para militan di Pakistan barat laut untuk menarget seorang hakim senior Marwat, yang biasanya bepergian dengan pengamanan ketat. Para militan umumnya menyerang personel keamanan atau infrastruktur.

Khan mengatakan operasi pencarian telah diluncurkan untuk hakim tersebut dan tim kontra-terorisme telah bergabung dalam penyelidikan.

Pakistan telah menyaksikan peningkatan kekerasan, yang sebagian besar disebabkan oleh TTP, sejak kelompok tersebut secara sepihak mengakhiri gencatan senjata dengan pemerintah pusat pada November 2022.

Akhir pekan lalu, orang-orang bersenjata melepaskan tembakan ke arah petugas bea cukai, menewaskan dua orang dan melukai tiga lainnya di Dera Ismail Khan. [lt/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG