Tautan-tautan Akses

Menlu Inggris Berkunjung ke AS Bahas Bantuan ke Ukraina


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron dalam konferensi pers bersama di Departemen Luar Negeri AS di Washington, DC, 9 April 2024. (Mandel NGAN / AFP)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron dalam konferensi pers bersama di Departemen Luar Negeri AS di Washington, DC, 9 April 2024. (Mandel NGAN / AFP)

Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken di Washington, Selasa (9/4). Ini merupakan bagian dari kunjungan untuk menekan pejabat-pejabat AS untuk mendukung paket bantuan baru bagi Ukraina.

Kunjungan Cameron juga akan diisi dengan pembicaraan dengan para pemimpin Kongres, termasuk Ketua DPR Mike Johnson, yang menolak membahas RUU Keamanan, di mana di dalamnya termasuk bantuan senilai $60 miliar untuk militer Ukraina.

Presiden Joe Biden telah berulangkali mendesak Johnson dan lawan-lawan lainnya dari Partai Republik, untuk mendukung RUU Keamanan itu. Tetapi Johnson telah menyatakan bahwa fokus Amerika seharusnya lebih pada masalah-masalah domestik yang menjadi prioritas seperti keamanan di perbatasan AS-Meksiko.

“Keberhasilan bagi Ukraina dan kegagalan untuk Putin adalah penting bagi keamanan Amerika dan Eropa,” kata Cameron dalam sebuah pernyataan.
“Pilihan lainnya hanyalah mendorong Putin dalam upaya lebih jauh untuk memastikan kembali batas-batas Eropa dengan penggunaan kekuatan, dan ini akan dengan jelas dicermati oleh China, Iran dan Korea Utara,” tambahnya.

Pejabat-pejabat Ukraina telah meminta para sekutunya memberikan lebih banyak bantuan militer, khususnya terkait sistem untuk mempertahankan ruang udara Ukraina dari serangan drone dan rudal Rusia yang dilakukan setiap hari.

Angkatan Udara Ukraina melaporkan pada Selasa, bahwa serangan Rusia malam sebelumnya dilakukan dengan empat rudal terpandu dan 20 drone.
Pertahanan udara Ukraina berhasil menembak jatuh seluruh 20 drone itu, dengan penyergapan dilakukan di kawasan Mykolaiv, Odesa, Kherson, Dnipropetrovsk, Poltava, Vinnytsia dan Lviv, kata angkatan udara.

Maksym Kozytskyi, Gubernur wilayah Lviv, melaporkan kerusakan terhadap fasilitas infrastruktur penting dari pecahan drone yang jatuh.

Gubernur Odesa, Oleh Kiper mengatakan bahwa pecahan yang jatuh dari drone-drone yang dijatuhkan itu menghancurkan jaringan listrik dan merusak rumah-rumah. Rusia juga mempertahankan diri dari serangan drone Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Selasa menghancurkan dua drone Ukraina di atas kawasan Belgorod dan dua titik lain di wilayah Voronezh. Pasukan Rusia juga menjatuhkan rudal Ukraina di semenanjung Krimea, kata kementerian itu. [ns/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG