Tautan-tautan Akses

Tornado Tewaskan Sedikitnya 4 Orang di Oklahoma, Ratakan Seluruh Kota dan Rumah


Sebuah mobil terbalik setelah tornado menerjang wilayah Sulphur, Oklahoma, pada 28 April 2024. (Foto: AP/Ken Miller)
Sebuah mobil terbalik setelah tornado menerjang wilayah Sulphur, Oklahoma, pada 28 April 2024. (Foto: AP/Ken Miller)

Sedikitnya empat orang tewas setelah tornado melanda negara bagian Oklahoma pada Sabtu (27/4) malam, meratakan bangunan, pepohonan, dan memutus aliran listrik bagi puluhan ribu penduduk.

“Ada empat korban jiwa yang terkonfirmasi: satu di sini, tepat di sudut sini; para petugas SAR baru saja mengeluarkan jasadnya. Dua di (Kota) Ada, dan satu lagi di (kota) Marietta,” ujar Gubernur Oklahoma Kevin Stitt.

Layanan Medis Darurat Hughes County mengatakan pada hari Minggu bahwa salah satu korban tewas adalah seorang anak dan empat anak lainnya terluka.

Tim darurat sedang mengevaluasi kerusakan besar pada rumah-rumah dan tempat usaha akibat angin kencang, hujan es, dan banjir, seiring dengan laporan terjadinya puluhan tornado yang menimbulkan kekacauan di bagian tengah negara bagian tersebut sejak Jumat (26/4).

Pengawasan dan peringatan banjir masih berlaku pada hari Minggu di Oklahoma dan lima negara bagian lainnya, termasuk Kansas, Missouri, Arkansas, dan Texas.

Stitt mengeluarkan perintah eksekutif yang menyatakan keadaan darurat di 12 wilayah.

Stitt mengatakan puluhan orang terluka dan pihak berwenang masih berupaya menghitung jumlah total korban yang mengalami cedera. [lt/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG