Tautan-tautan Akses

Warga Tiongkok Tantang Pejabat Berenang di Sungai Tercemar


Warga di Tiongkok berang dengan pemerintahnya karena membiarkan sungai-sungai di daerah mereka tercemar. (Foto: Dok)
Warga di Tiongkok berang dengan pemerintahnya karena membiarkan sungai-sungai di daerah mereka tercemar. (Foto: Dok)

Berang dengan pencemaran di sungai, warga Tiongkok menantang pejabat lingkungan hidup di untuk berenang di sungai-sungai tersebut.

Seorang pengusaha Tiongkok yang marah dengan tercemarnya sungai menantang seorang pejabat lingkungan untuk berenang di dalamnya.

Pengusaha bernama Jin Zengmin, dalam akun mikroblognya, memposkan foto-foto sungai itu yang dipenuhi sampah. Ia menantang kepala pengawasan lingkungan setempat, Bao Zhening untuk berenang di sungai yang terletak di kota Rui'an, provinsi Zhejiang, itu dengan imbalan 200.000 yuan, atau sekitar US$32 ribu.

Tantangan yang diajukan Sabtu lalu mencerminkan rasa frustrasi di kalangan masyarakat Tiongkok mengenai polusi yang terjadi di banyak tempat dan kurangnya tindakan pemerintah. Tantangan itu kabarnya juga memicu munculnya tantangan lain. Seorang yang merahasiakan namanya di sebuah forum daring menawarkan imbalan uang 300.000 yuan untuk kepala pengawas lingkungan di kabupaten Changnan jika bersedia berenang di sungai-sungai yang tercemar itu.

Jin mengatakan dalam mikroblognya, sebuah pabrik sepatu karet membuang limbahnya ke sungai itu dan bahwa daerah tersebut memiliki tingkat kasus kanker yang luar biasa tinggi.

Tidak jelas apakah kepala pengawas lingkungan tersebut menerima tantangan tersebut. Namun, biro lingkungan telah menghubungi Jin dan mengatakan akan mengambil sejumlah tindakan, termasuk bekerjasama dengan warga setempat membersihkan sampah dari sungai dan memasang tanda-tanda larangan membuang sampah ke sungai.

Recommended

XS
SM
MD
LG