Tautan-tautan Akses

Universitas California Batalkan Pidato Perpisahan Mahasiswa Muslim karena Alasan Keamanan


Orang-orang berjalan melintasi papan tanda di wilayah University Village di University of Southern California di Los Angeles pada 12 Maret 2019. (Foto: AP)
Orang-orang berjalan melintasi papan tanda di wilayah University Village di University of Southern California di Los Angeles pada 12 Maret 2019. (Foto: AP)

Universitas Southern California (USC) membatalkan pidato perpisahan seorang mahasiswa Muslim karena alasan keselamatan dan sensitivitas terkait dengan konflik Timur Tengah. Mahasiswa tersebut mengklaim bahwa pembatalan itu merupakan hasil dari tekanan yang ditimbulkan oleh sikap anti-Palestina yang membungkam suaranya dalam menyuarakan pandangan tentang hak asasi manusia.

Dalam pernyataannya pada Senin, Rektor USC Andrew Guzman menyatakan bahwa pembatalan pidato perpisahan tradisional pada acara wisuda bulan depan "tidak terkait dengan pembatasan kebebasan berbicara" dan semata-mata bertujuan untuk menjaga keamanan kampus.

Asna Tabassum, pembicara pidato perpisahan dari jurusan teknik biomedis, menantang alasan yang diberikan oleh universitas dalam pernyataannya sendiri. Dia mempertanyakan "apakah keputusan USC untuk mencabut undangannya untuk berbicara benar-benar hanya didasarkan pada keamanan semata."

Pernyataan Guzman tidak menyebut nama Tabassum, atau menyebutkan secara spesifik pidato, latar belakang, atau pandangan politiknya yang menimbulkan kekhawatiran. Juga tidak merinci adanya ancaman tertentu.

Seorang pengendara sepeda yang mengenakan masker mengendarai sepedanya di University of Southern California (USC) di Los Angeles, California pada 25 Agustus 2020. (Foto: AFP)
Seorang pengendara sepeda yang mengenakan masker mengendarai sepedanya di University of Southern California (USC) di Los Angeles, California pada 25 Agustus 2020. (Foto: AFP)

Sang rektor lalu merujuk lebih luas pada bagaimana "diskusi seputar pemilihan pembicara pidato perpisahan kami telah menjadi semakin mengkhawatirkan" dalam beberapa hari terakhir.

“Intensitas perasaan, yang dipicu oleh media sosial dan konflik yang sedang berlangsung di Timur Tengah, berkembang hingga mencakup banyak suara di luar USC dan telah meningkat hingga menciptakan risiko besar terkait keamanan dan gangguan pada awalnya,” tulis Guzman.

Sebagai konsekuensinya, "kami memutuskan bahwa mahasiswa yang akan memberikan pidato perpisahan tidak akan menyampaikan pidato tersebut saat acara pembukaan," tulis Guzman, dengan menambahkan bahwa "tradisi harus memberi jalan pada keselamatan." Los Angeles Times melaporkan bahwa itu adalah keputusan pertama kali yang diambil oleh USC terkait acara wisuda.

Pejabat keamanan publik dan pembela hak-hak sipil melaporkan peningkatan kejahatan rasial terhadap Muslim, Yahudi, Arab dan Palestina di Amerika Serikat (AS), seiring dengan meningkatnya ketegangan di kampus-kampus terkait perang Israel-Gaza, sejak konflik tersebut meletus pada 7 Oktober.

Tabassum, yang mengidentifikasi dirinya sebagai "generasi pertama Muslim Asia-Amerika," menyatakan bahwa pejabat USC menolak untuk memberikan rincian penilaian keamanan universitas dalam pertemuan pada 14 April.

USC, yang terkenal dengan program atletik antar perguruan tinggi yang sepak bola dan tim lainnya dikenal sebagai Trojans, tidak menanggapi permintaan komentar lebih lanjut dari Reuters.

USC mengatakan Tabassum terpilih sebagai pembicara pidato perpisahan dari hampir 100 pelamar yang diajukan, yang dipilih dari lebih dari 200 lulusan senior yang memenuhi syarat untuk penghargaan tersebut berdasarkan rata-rata nilai mereka. [ah/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG